Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Malaka, Makarius Bere Nahak, bersama mahasiswa IMMALA Kupang sesaat setelah membawakan materi tentang demokrasi di Aula Hotel Wilma Kupang, Minggu (01/12/2019)
alterntif text

Betun, Vox NTT- Ketua KPU Kabupaten Malaka Makarius Bere Nahak mengajak mahasiswa agar berpartisipasi dalam mengawal proses Pilkada tahun 2020 mendatang.

Ajakan itu disampaikan Makarius saat hadir sebagai narasumber dalam kegiatan Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) Ikatan Mahasiswa Malaka (IMMALA) Kupang, di Aula Hotel Wilma Penfui, Kupang, Minggu (01/12/2019).

Saat kegiatan itu, ia membawakan materi berjudul “Peran Mahasiswa dalam Mewujudkan Demokrasi yang Jujur, Adil dan Bermartabat”.

Makarius mengatakan, mahasiswa harus mampu memberi solusi terhadap jalannya demokrasi agar demokratis. Sehingga prosesnya berjalan dengan baik dan aman.

Selain itu, ia juga berpesan agar mahasiswa harus netral di Pilkada Malaka tahun 2020 mendatang.

” Mahasiswa asal Malaka wajib dan mampu memberi solusi yang baik, agar dapat mengawal proses Pilkada Malaka nanti. Kita berharap, adik-adik mahasiswa ini netral dalam berpolitik, sehingga dapat bergerak bebas mengawasi proses Pilkada Malaka nanti,” kata alumnus Seminari Menengah Lalian Atambua ini.

Ketua umum IMMALA Kupang Anton Bisik mengatakan, sejauh ini mahasiswa masih dalam posisi netral menjelang Pilkada Malaka 2020.

“Kami tidak mau marwah kami sebagai mahasiswa jatuh karena kepentingan politik elit tertentu. Oleh karena itu melalui Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar ini , mahasiswa asal Malaka bergabung dalam ruang IMMALA dan diberi pemahaman untuk tidak terjerumus dalam kepentimgan politik praktis,” ungkapnya.

Penulis: Frido Umrisu Raebesi
Editor: Ardy Abba

alterntif text