Kepala DPMD Matim, Yosef Durahi (Foto: Sandy Hayon/Vox NTT)
alterntif text

Borong, Vox NTT-Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Manggarai Timur (DPMD Matim) Yosef Durahi menegaskan semua kepala desa (Kades) wajib menyerahkan Rencana Anggaran Biaya (RAB) ke dinas itu.

“Harus itu tidak bisa tidak. Dan saya sudah perintahkan itu kepada semua Kades,” tegas Kadis Yosef belum lama ini.

Hal itu, jelas mantan Kepala Bagian Tata Pemerintahan kabupaten Matim itu, agar pihaknya mempunyai bahan rujukan untuk setiap pembangunan fisik yang ada di desa.

“Sehingga kami bisa pergi tanpa ada laporan dari masyarakat. Karena kami sudah mengetahui program-program itu melalui RAB yang mereka beri,” imbuhnya.

Dikatakan, selama ini dirinya mengalami kesulitan ketika melakukan monitoring ke setiap desa di kabupaten yang dimekarkan pada 2007 silam itu.

“Jadi saya turun ke desa kadang tidak punya pegangan, hanya betul-betul dapat informasi dari awak media. Jadi ke depan RAB itu saya pegang,” ujar mantan camat Elar itu.

Selain RAB, Kadis Yosef juga mengatakan sudah melayangkan surat panggilan kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Paan Waru, Kecamatan Elar Selatan.

Hal itu terkait proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yang sampai saat belum dirasakan asas dan maanfaat bagi masyarakat desa.

“Surat sudah kita kirim untuk menghadap tanggal 24 februari 2020,” katanya.

Penulis: Sandy Hayon
Editor: Ardy Abba