Wakil Ketua II DPRD Matim, Damu Damianus (Foto: Sandy Hayon/ Vox NTT)
alterntif text

Borong, Vox NTT-DPRD Manggarai Timur (Matim) berkomitmen memperketat fungsi pengawasan terlebih khusus bidang infrastuktur yang bakal dikerjakan pada tahun 2020 ini.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua II DPRD Matim Damu Damianus kepada VoxNtt.com, Senin (17/02/2020) pagi.

“Alokasi proyek fisik untuk APBD tahun anggaran 2020 kami jajaran DPRD berkomitmen untuk pantau sesuai dengan kewenangan yang ada pada kami,” ujarnya.

Dia menegaskan, selama proyek fisik itu dalam jadwal pelaksanaan pekerjaannya di lapangan, dewan siap dan rutin melakukan monitoring dengan harapan kualitasnya mengikuti spek yang diinginkan.

“Itu ade (adik) niat dan semangat kami di dewan,” tukas kader Partai Perindo itu.

Dami juga berujar, dewan sudah berulang kali menegaskan kepada Dinas PUPR, baik saat monitoring ke lapangan maupun disampaikan dalam pandangan fraksi terkait lemahnya pengawasan teknis di lapangan.

Bahkan pihaknya meminta untuk menempatkan tenaga pengawas yang berkualitas, juga selalu berada di lapangan.

“Karena yang kita lihat di lapangan masih seperti itu. Namun terkesan tidak dihiraukan,” kata pria kelahiran 23 Oktober 1964 itu.

Terkait beberapa proyek yang sebelumnya diawasi oleh Dinas PUPR, Dami pun menyarankan agar menggunakan konsultan pengawas.

“Sehingga kita bisa saling mengawasi. Dengan demikian akan memperkecil peluang untuk abaikan kualitas pekerjaan sesuai yang diharapkan,” imbuhnya.

Penulis: Sandy Hayon
Editor: Ardy Abba