Benny Chandradinata saat reses di desa Alas Selatan, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka, Kamis (19/03/2020) (Foto: Frido Umrisu Raebesi/ Vox NTT)
alterntif text

Betun, Vox NTT – Masyarakat Desa Alas Selatan, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka mengeluhkan masalah air bersih dan banjir kali Babulu setiap tahunnya.

Hal itu disampaikan warga saat kegiatan reses Anggota DPRD Malaka fraksi Partai Gerindra, Benny Chandradinata di dusun Metamauk Oan, Desa Alas Selatan, Kamis (19/03/2020).

Kepada Benny, masyarakat desa Alas Selatan meminta agar menyampaikan dan mengangkat keluhan saat sidang paripurna di DPRD Malaka.

Fransiskus Mali, salah satu warga Desa Alas Selatan mengungkapkan, hampir setiap tahun saat musim hujan, Dusun Metamauk Oan selalu menjadi langganan banjir.

Hal ini diakibatkan karena, tidak adanya tanggul penahan di pinggiran kedua sisi Kali Babulu.

Sebab itu, luapan banjir tidak bisa dibendung oleh luasnya kali. Air banjir pun meluap keluar ke pemukiman dan lahan pertanian warga sekitar.

“Kami tiap tahun banjir. Mohon untuk perhatian pemerintah, baik itu kabupaten, provinsi atau bahkan pemerintahan pusat untuk bantu kami. Kami adalah garda depan Negara Republik Indonesia. Kemajuan daerah kami dapat menunjukkan kepada dunia internasional bahwa Republik Indonesia sudah sukses menyejahterakan rakyatnya,” ujar Fransiskus.

Tak hanya soal banjir, warga lainnya juga mengeluhkan sulitnya mendapatkan air minum bersih untuk kebutuhan setiap hari.

Anggota DPRD Komisi I ini menyatakan siap memperjuangkan aspirasi masyarakat Desa Alas Selatan.

Politisi partai Gerindra ini optimistis untuk menyuarakan aspirasi masyarakat.

“Saya akan berkordinasi dengan Dinas PUPR Kabupaten Malaka untuk mencari jalan keluar terbaik. Jika ini tidak berhasil, mengingat sedikitnya APBD kita, maka saya akan memperjuangkannya sampai pusat,” tutur Benny Chandra, sapaan akrabnya.

Penulis: Frido Umrisu Raebesi
Editor: Ardy Abba