Pemdes Siru melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat, Rabu (01/04/2020)
alterntif text

Labuan Bajo, Vox NTT- Untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, Pemerintah Desa Siru, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat, Rabu (01/04/2020).

Pemdes Siru melakukan penyemprotan disinfektan bersama Koramil 1612-06 Lembor, Polsek Lembor, dan UPTD Puskesmas Wae Nakeng.

Penyemprotan difokuskan pada fasilitas umum seperti, kantor, sekolah, dan rumah ibadah.

Selain itu, penyemprotan juga dilakukan di rumah warga, yang anaknya pulang libur dari berbagai daerah di Indonesia.

Kepala Desa Siru Sumardi mengatakan, penyemprotan disinfektan merupakan salah satu upaya preventif untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Kita terus berupaya mencegah virus ini agar tidak masuk desa, dengan terus melakukan koordinasi lintas sektor dengan tenaga medis, TNI, dan Polri,” ungkapnya.

Untuk anak-anak sekolah yang pulang libur kata Sumardi, Pemdes Siru terus melakukan pendataan. Selain itu, pihaknya juga mengarahkan mereka untuk mengecek suhu badan di Puskesmas Wae Nakeng.

“Selain itu, pemerintah desa juga meminta anak-anak yang pulang libur untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing,” tuturnya.

Bhabinkamtibmas Polsek Lembor, Brigpol Ardianus Don Bosko mengapresiasi langkah responsif yang dilakukan Pemdes Siru dalam mencegah dan melawan Covid-19.

Pada kesempatan tersebut, Ardianus melalui pengeras suara juga membaca Maklumat Kapolri tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Covid – 19.

Sariman Syukur, salah satu tim medis dari Puskesmas Wae Nakeng yang ikut dalam kegiatan penyemprotan mengatakan, kegiatan positif ini bisa ditiru oleh desa lain di Kecamatan Lembor.

“Kades Siru ini cukup pro aktif dalam mengedukasi warganya, termasuk dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 masuk di desanya,” ungkap Sariman.

Hal yang sama juga dikatakan Clemente Pinto, Babinsa Desa Siru dari Koramil 1612 – 06 Lembor. Ia mengatakan, lebih baik mencegah dari pada mengobati.

“Dan ini yang dilakukan Pemerintah Desa Siru, kita memberikan apresiasi atas upaya yang baik ini,” ungkapnya.

Penulis: Sello Jome
Editor: Ardy Abba