Ilustrasi Covid-19
alterntif text

Ende, Vox NTT-Pemerintah Kabupaten Ende diminta menyediakan alat pelindung diri (APD) bagi petugas penanganan dan pencegahan Covid-19 di wilayah perbatasan Ende.

Hal itu disarankan untuk mengurangi risiko tertular virus corona terhadap petugas kesehatan termasuk petugas keamanan dari TNI-Polri.

“Perlu perkuat gugus tugas dan tim di perbatasan darat. Mereka cukup bekerja sungguh-sungguh di perbatasan. Mereka bekerja secara gotong royong. Namun kondisi riil hari ini, mereka tidak didukung dengan fasilitas yang memadai terutama APD dan peralatan pemeriksaan lainya,” tutur Vinsen Sangu saat Rapat Paripurna DPRD Ende, Selasa (14/04/2020).

Ketua Komisi III DPRD ini menegaskan hal ini, sebab para petugas di wilayah perbatasan tidak dilengkapi alat pelindung selayaknya.

Padahal, sesuai standar organisasi kesehatan dunia (WHO) setiap petugas penanganan Covid-19 sebagai garda terdepan mesti dijamin alat pelindung diri agar tidak terkontaminasi dari wabah virus tersebut.

“Jangan biarkan mereka berperang tanpa senjata dan kekuatan pelindung raga yang cukup. Bila kondisi ini masih diteruskan, maka sesungguhnya menjadi ancaman serius sebagai calon terpapar Covid-19 sebagai petugas yang berdiri di gardan paling depan,” tutur Vinsen.

Selain itu, ia juga meminta pemerintah melalui gugus tugas penanganan Covid-19 di Ende untuk mengawasi arus transportasi manusia dan barang terutama di wilayah utara Ende.

Menurutnya, jalur transportasi laut di wilayah utara terutama di Kecamatan Maurole dianggap sangat rentan orang keluar masuk secara bebas ke daerah zona merah seperti Sulawesi.

“Ada pintu ilegal yang dijadikan warga masuk ke Ende yakni pesisir pantai utara tepatnya di Kecamatan Maurole. Akses masuk yang tidak terkontrol dengan baik, akan memudahkan bagi virus corona masuk ke Kabupaten Ende,” ujar dia.

“Untuk itu, perlu perketat di setiap pintu masuk termasuk pintu masuk jalan tikus di Kecamatan Maurole tersebut,” sambung Vinsen.

Meski begitu, ia mengapresiasi pemerintah dan gugus tugas atas kerja kerasnya dalam upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 di Ende.

Ia berharap dengan upaya kerja-kerja gugus tugas dapat memperlambat laju penyebaran virus corona di wilayah Kabupaten Ende.

Penulis: Ian Bala
Editor: Ardy Abba