Simon Nahak dan Kim Taolin mengunjungi keluarga dan simpatisan di Desa Umakatahan, Sabtu (01/08/2020) (Foto: Frido Umrisu Raebesi/ Vox NTT)
alterntif text

Betun, Vox NTT- Simon Nahak dan Kim Taolin, bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Malaka berjanji akan memberi gaji para pemangku adat, jika terpilih dalam Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Janji itu disampaikan Simon Nahak, saat mengunjungi masyarakat Desa Umakatahan, Kecamatan Malaka Tengah, Sabtu (01/08/2020).

Selain memberi gaji untuk para pemangku adat, Simon juga berjanji akan membangun balai adat di seluruh Kabupaten Malaka.

Ia mengaku, adat istiadat dan budaya adalah salah satu misi utama dari Paket Nahak-Taolin.

Menurutnya, pelestarian budaya khas Sabete Saladi di Malaka penting dijalankan untuk menjaga ketertiban umum.

“Kami akan bangun balai adat di Malaka. Selain untuk melestarikan budaya, hal itu juga agar segala sesuatu yang berurusan dengan hukum, dapat juga diselesaikan secara adat istiadat di balai tersebut. Artinya, sesama masyarakat Malaka, jangan sampai hal kecil saja, kita sampai lapor ke Polisi,” ujar Simon.

Sebagai informasi, saat ke Desa Umakatahan, Nahak-Taolin dan rombongan disambut dengan tarian adat khas Malaka, Bidu Elelele.

Simon Nahak juga tampak ikut menari bersama masyarakat Umakatahan. Hal ini sebagai luapan kegembiraan yang sudah lama tak dilakukannya.

Penulis: Frido Umrisu Raebesi
Editor: Ardy Abba