Aktivitas tenaga kerja di gudang Bulog Ende (Foto: Ian Bala/Vox NTT)

Ende, Vox NTT-Kepala Bulog Sub Drive Ende, Stefanus Kurniawan menyatakan, Bulog sudah mengalokasikan beras sejahtera (rastra) 489,12 ton untuk bulan Januari dan Februari 2019.

Saat ini, pihaknya masih menunggu surat penetapan dari Pemerintah Kabupaten Ende.

“Kita masih menunggu dari dinas sosial atau pemda setempat soal surat penetapan yang sedang dalam proses. Kita alokasi 489 ton lebih,” ucap Stefanus kepada wartawan di Kantor Bulog, Jalan El Tari Ende, Jumat (01/03/2019) siang.

Dijelaskan, pihaknya akan menyalurkan rastra dua bulan sekaligus. Tiap bulan, masyarakat menerima 244,56 ton.

Ia mengaku, penyaluran rastra terakhir pada bulan Desember 2018. Sedangkan bulan Januari dan Februari tahun 2019 akan disalurkan sekalian pada Maret 2019.

“Kita harapkan secepatnya karena kami sudah siapkan semua baik berasnya maupun armadanya. Saya sudah berkoordinasi dengan karena masyarakat sudah menunggu,” ucap dia.

“Semoga suratnya sudah selesai ya, sekitar hari senin atau selasa pendropingan ke desa-desa,” katanya lagi.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ende, Yeremias Bore memastikan penyaluran beras raskin akan dilakukan pada bulan Maret ini.

Kepala Dinsos Kabupaten Ende Yeremias Bore saat bertemu wartawan di ruang kerjanya, Jumat (1/3) (Foto: Ian Bala/Vox NTT)

Penyaluran itu akan dilakukan empat bulan sekaligus yakni Januari hingga April 2019.

“Untuk program bantuan beras sejahtera jatah Kabupaten Ende 24.456 KK. Bansos Rasntra beras sudah siap dan kami masih menunggu SK Bupati,” kata Kadis Yeremias di Ende, Jumat pagi.

Jatah rastra tahun 2019, jelas dia, akan disalurkan untuk 13 kecamatan. Sementara 18 kecamatan lainnya sudah disalurkan tahun 2018.

Masing-masing keluarga akan mendapatkan jatah rastra 10 kg. Berbeda dengan jatah beras miskin (raskin) yang mendapatkan 15 kg.

“Karena nomenklatur sudah berubah. Sehingga jatah rastra dan raskin berbeda,” jelas dia.

Penulis: Ian Bala
Editor: Ardy Abba