Bupati Nagekeo, Yohanes Don Bosco Do (Foto: Istimewa)

Mbay, Vox NTT-Pemerintah Kabupaten Nagekeo akan melaksanakan festival literasi pada Juli 2019 mendatang.

Menyambut festival tersebut, berbagai persiapan mulai dilakukan. Itu di antaranya telah dilangsungkan rapat koordinasi di Aula Setda Nagekeo, Jumat (17/05/19).

Baca Juga: Pemkab Nagekeo Gelar Rakor Persiapan Festival Literasi

Bupati Nagekeo, Yohanes Don Bosco Do dalam sambutannya mengatakan, festival literasi merupakan event besar yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan Nagekeo ke tingkat nasional dan internasional dengan tema “Dari Nagekeo, NTT Bercerita”.

Menurut Bupati Don, Nagekeo memiliki keragaman budaya, bahasa dan suku. Ia berkeyakinan dengan perbedaan tersebut membuat orang Nagekeo bersatu dalam keanekaragamannya.

“Kalau mau terkenal kita harus MPO (Menarik Perhatian Orang ) dari sisi yang positif. Jadikan diri kita sebagai motivator bagi generasi muda, sehingga mereka lebih kreatif dan inovatif di masa mendatang,” tukasnya.

“Kita jangan bersikap skeptis. Kita harus menyiapkan penginapan yang layak bagi para tamu undangan yang datang menghadiri festival,” sambung Bupati Don.

Wakil Ketua DPRD Nagekeo, Kristianus Du’a mengaku sangat mendukung kegiatan festival literasi ini.

“Kalau Nagekeo mau maju dan terkenal, ya kita harus berani untuk promosi. Apalagi sumber dan potensi wisata serta kekayaan alam lainnya sangat banyak di Nagekeo. Kita harus berubah dan mengambil sikap untuk selangkah lebih maju,” ujarnya.

Kristianus optimistis ke depannya Nagekeo akan menjadi kabupaten yang layak untuk diperhitungkan.

Hal itu jika semua sumber daya alam, baik pariwisata, kelautan maupun pertanian dikelola secara baik.

Selain itu, promosi tentang potensi Nagekeo ke dunia luar perlu dibuat dari sekarang.

Penulis: Arkadius Togo
Editor: Ardy Abba