Model perpustakaan yang akan dibangun di Taman Bung Karno Ende. (Foto: Ian Bala/Vox NTT).

Ende, Vox NTT-Pemerintah Kabupaten Ende akan membangun plaza atau alun-alun dan perpustakaan sejarah di Taman Permenungan Bung Karno Ende, Flores, NTT.

Di sana juga akan dibangun selasar patung pahlawan, interior dan eksterior cinema, selasar galeri foto para pahlawan, booth and sentra souvenir.

Berdasarkan perencanaan, beberapa jenis kegiatan ini akan mulai dibangun pada Juli 2019 mendatang.

“Ia, sudah dirancang dan semua itu akan dibangun di Taman Permenungan Bung Karno,” ungkap Kepala Dinas PUPR Kabupaten Ende, Fransiskus Lewang di Ende.

Frans menegaskan, pada dasarnya pembangunan itu hanya semata untuk menata tata ruang taman agar dipandang lebih cantik dan modern.

Beberapa ruang kosong akan diisi dengan berbagai jenis kegiatan yang semuanya akan dimanfaatkan oleh masyakarat serta para wisatawan.

“Tapi intinya, untuk patung Bung Karno dan pohon sukun tetap berada pada posisinya. Itu kita tidak ganggu,” ucap dia.

Ia menuturkan, beberapa ruang terbuka juga akan ditata secara baik. Ruang-ruang itu sebagai tempat interaksi pengunjung.

Begitu pula ruang terang gelap yang digunakan untuk pemutaran film-film perjuangan Bung Karno. Adapula perpustakaan serta ruang galeri foto pahlawan.

“Sebagai kenangan, nanti juga ada sentra souvenir khas Ende berupa kain tenun atau lainnya. Yang penting bukan warung makan atau kios karena akan menimbulkan sampah,” katanya.

Frans menambahkan, beberapa jenis kegiatan pembangunan di Taman Bung Karno dan Museum Tenun Ikat sebesar 2,7 Miliar. Ia pun berharap, dukungan masyarakat serta stakeholder agar proses pembangunan tersebut dapat berjalan lancar.

Di bawah ini adalah kumpulan foto desainan Plaza dan Taman Sejarah Bung Karno di Ende.

Interior Cinema sebagai tempat pemutaran film-film perjuangan akan dibangun di Taman Bung Karno Ende. (Foto: Ian Bala/Vox NTT).
Tampak eksterior cinema yang akan dibangun di Taman Bung Karno. (Foto: Ian Bala/Vox NTT).
Model galeri foto-foto para pahlawan. (Foto: Ian Bala/Vox NTT).
Inilah desain plaza atau alun-alun terbuka di Taman Bung Karno Ende. (Foto: Ian Bala/Vox NTT).
Booth and sentra souvenir yang didesain sebagai ole-ole bagi pengunjung. (Foto : Ian Bala/Vox NTT).

Penulis: Ian Bala

Editor: Boni J