Mahasiswa STPM Ende pose bersama dengan latar belakang Pantai Watulajar (Foto: Dok. Mahasiswa)

Bajawa, Vox NTT-Mahasiswa STPM Sta. Ursula Ende menggelar tour trekking ke destinasi wisata Pantai Watulajar, Desa Lekosambi, Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Kamis (14/05/2019).

Koordinator umum tour trekking, Oyen Tibo mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengenal sekaligus mempromosikan daerah pariwisata Pantai Watulajar.

Kegiatan tour trekking versi mahasiswa kampus kuning ini yakni dengan melakukan penyisiran di sepanjang Pantai Watulajar sambil memungut sampah plastik yang ada di lokasi itu.

Oyen mengatakan, pembersihan dilakukan untuk memerangi sampah plastik yang merusak lingkungan.

Senada dengan Oyen, salah satu mahasiswa STPM Sta. Ursula Ende, Milan Janga mengatakan, kegiatan ini juga melibatkan anak-anak SD, SMP, dan orang muda setempat.

Usai kegiatan tour trekking, kata dia, dilanjutkan dengan acara pemberian hadiah kepada peserta yang paling rajin mengumpulkan sampah dan kepada duta sampah yang ada di wilayah itu.

Hadiah duta sampah diberikan kepada salah satu anak SMP yang memanfaatkan sampah plastik itu, kemudian diolah menjadi sebuah kerajinan tangan untuk dipasarkan. Hadiah berupa buku tulis.

Mahasiswa STPM Ende sedang membersihkan sampah di Pantai Watulajar, Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada (Foto: Dok. Mahasiswa)

Milan menambahkan, kegiatan ini juga dilanjutkan dengan pembagian hadiah kepada para juara pemungut sampah terbanyak. Hadiah juga diberikan kepada peserta lomba dengan foto selfie terbaik.

Untuk diketahui, kegiatan dari para mahasiswa STPM Sta. Ursula Ende juga dihadiri dosen pendamping mereka yakni, Yulita Eme.

Yulita sendiri mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswanya bersama orang muda setempat.

Dia berharap dari kegiatanan ini bisa memberi dampak positif kepada masyarakat, terutama Pantai Watulajar bisa menjadi obyek wisata menarik dan bisa dikunjungi banyak orang.

Penulis: Arkadius Togo
Editor: Ardy Abba