Kepala DPMD Matim, Yosef Durahi (Foto: Sandy Hayon/ Vox NTT)

Borong, Vox NTT-Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Manggarai Timur (Matim), Yosef Durahi menegaskan tidak ada rekomendasi untuk Kepala Desa Gunung Baru Kecamatan Kota Komba, Agustinus Tinda.

Hal itu disampaikan Kadis Yosef sebagai respon atas pernyataan Agustinus yang menyebut bakal melakukan konsultasi dengan DPMD, jika ke depan dia akan dipanggil pihak Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Manggarai.

Pemanggilan itu terutama untuk dimintai pertanggungjawaban atas surat pengaduan Ketua BPD Gunung Baru, Eramus Eman.

“Tidak ada rekomendasi,” tegas kadis Yosef saat dihubungi VoxNtt.com melalui pesan WhatsApp, Selasa (11/6/2019) sore.

Kadis Yosef juga menyatakan Kades Gunung Baru tidak harus melakukan konsultasi apabila dia akan dipanggil oleh pihak yang berwenang.

“Jika yang bersangkutan melakukan pelanggaran hukum tentu harus bertanggung jawab atas perbuatannya,” ucapnya.

Mantan Camat Elar itu menyatakan, hingga saat ini pihaknya belum mengetahui rencana konsultasi yang bakal dilakukan Kades Agustinus.

“Kami belum tahu konsultasinya seperti apa, sampai saat ini kades Gunung Baru belum bertemu kami di dinas terkait materi konsultasinya,” tukasnya.

Terkait sejumlah tudingan terhadap DPMD yang mencoba “melindungi” persoalan di desa itu, Kadis Yosef mengaku tidak mengetahui siapa oknum yang melindungi itu.

Dikabarkan sebelumnya, Kepala Desa Gunung Baru, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten  Manggarai Timur (Matim), Agustinus Tinda akan melakukan konsultasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD).

Konsultasi itu terkait surat pengaduan dugaan penyelewengan Dana Desa (DD) ke Unit Tindak Pindak Korupsi (Tipikor) Polres Manggarai oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BBD) Gunung Baru, Erasmus Eman, Senin, 27 Mei 2019 lalu.

“Nanti saya konsultasi dengan dinas dulu,” ujarnya saat dihubungi VoxNtt.com melalui sambungan telepon, Selasa (11/06/2019) pagi.

Terkait kesiapan jika dirinya dipanggil untuk dimintai pertanggungjawaban, Agustinus menegaskan untuk tetap terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan dinas terkait.

“Justru itu makanya saya konsultasi. Tergantung dinaslah. Saya konsultasi dengan dinas dulu,” ucapnya.

Diakuinya, pasca laporan tidak ada persoalan serius yang terjadi di desa.

Hanya persoalannya, kata dia, saat ini dia berpikir untuk menyelamatkan semua laporan yang disampaikan ketua BPD.

Penulis: Sandy Hayon
Editor: Ardy Abba