Para Penari Likurai asal Belu siap berangkat ke Jakarta (Foto: Marcel Manek/Vox NTT)
alterntif text

Atambua, Vox NTT-Pemerintah dan masyarakat kabupaten Belu boleh berbangga.

Betapa tidak, setelah dipercaya dan sukses tampil pada seremonial pembukaan Asian Games di Jakarta pada 2018 lalu, kali ini sebanyak 150 orang penari Likurai asal kabupaten Belu, Provinsi NTT kembali diberi kepercayaan untuk tampil di Istana Negara Jakarta.

Penampilan tersebut dalam rangka HUT RI ke- 74 pada 17 Agustus 2019 mendatang.

Ke-150 penari sudah berangkat ke Kupang pada Senin malam (12/08/2019) dan selanjutnya akan terbang ke Jakarta pasa Selasa pagi (13/08/2019).

Koordinator Pelatih Likurai, Hendrikus Andrada mengatakan, pada tahun ini Pemda Belu diminta untuk mengisi acara HUT ke-74 RI di Istana Negara Jakarta.

“Kita sudah siap untuk tampil di Istana Negara. Likurai untuk penari perempuan dan Antama untuk penari pria,” kata Hendrikus yang dikonfirmasi awak media di sela-sela acara pelepasan, Senin malam.

alterntif text

Selain tampil di Istana Negara kata dia, pihaknya juga akan tampil di Monas dalam acara yang digagas GMNI bekerja sama dengan INews dan TV One.

Likurai dan Antama yang bakal ditampilkan mengambil nama, Selaras Tihar Likurai Belu.

Di sela-sela sebelum keberangkatan ke Kupang, Hendrik menjelaskan, untuk mempercantik dan memadukan gerakan, pihaknya bekerja sama dengan ISI Solo, dalam hal koreografi.

Formasi yang akan ditampilkan masing-masing Likurai dan tarian Antama. Juga ada tarian yang mewakili empat etnik di Belu, yakni Tetun, Bunaq, Kemak dan Dawan. Di samping itu ada formasi Lingkaran Tebe dan formasi Matahari.

Dalam acara pelepasan rombongan di halaman kantor Perizinan Satu Pintu Belu, kepada para penari, Bupati Wily Lay yang didampingi wakil Bupati J.T Ose luan, berpesan agar para penari tertib dan disiplin karena selama berada di Jakarta, rombongan akan diatur oleh protokoler istana dan dikawal Paspampers.

Selain itu, Bupati Lay juga meminta peserta agar menjaga kesehatan sehingga dapat tampil maksimal saat acara puncak Hari Kemerdekaan. Sehingga melalui penampilan tersebut, semua orang akan semakin mengenal tarian Likurai dan Kabupaten Belu.

“Saya minta semua penari yang akan tampil harus memberikan penampilan terbaiknya sehingga akan semakin mengharumkan nama Kabupaten Belu di tingkat Nasional dan Internasional,” ujar Bupati Lay.

Penulis: Marcel Manek
Editor: Ardy Abba