Kepala Desa Oekolo, Kecamatan Insana Utara, Andreas Fanu saat menyerahkan dana BLT kepada salah satu penerima bantuan, Kamis, 04 Juni 2020 (Foto: Eman Tabean/Vox NTT)
alterntif text

Kefamenanu, Vox NTT- Sebanyak 191 kepala keluarga di Desa Oekolo, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten TTU mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT), Kamis (04/06/2020).

BLT sebesar Rp 600 ribu/KK yang bersumber dari Dana Desa tahun anggaran 2020 tersebut dibagikan di Lopo Desa Oekolo.

Tampak Camat Insana Utara Dominikus Sio, Kapolsek Insana Utara AKP Nikodemus Bouk serta perwakilan dari Inspektorat TTU turut menyaksikan langsung acara pembagian dana bantuan yang bersumber dari APBN tersebut.

Proses pembagian yang menerapkan protokol Covid-19 tersebut juga dihadiri oleh para pendamping desa serta aparat desa setempat.

Kegiatan tersebut mendapat pengawalan ketat dari Bhabinkamtibmas Desa Oekolo Bripka Caio Amaral dan Babinsa, Desa Oekolo Sertu Titu Lelo Bere serta anggota Polsek Insana Utara.

Kepala Desa Oekolo Andreas Fanu dalam sambutannya menuturkan, dana BLT merupakan wujud kepedulian pemerintah kepada masyarakat untuk membantu mengatasi kesulitan pemenuhan Sembako.

Hal itu sebagai dampak adanya imbauan untuk tetap tinggal di rumah selama masa pandemi Covid-19 saat ini.

Sehingga, ia meminta agar dana yang sudah diterima tersebut hendaknya digunakan untuk membeli kebutuhan Sembako bukan untuk hal lainnya.

“Jangan ada keluarga yang datang kita kasih kasih saja, terakhir bantuan belum datang kita sudah bilang uang sudah habis untuk beli makanan,” tandasnya.

Andreas pada kesempatan itu juga mengimbau agar masyarakat tetap memperhatikan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Itu dengan selalu menyediakan tempat cuci tangan di depan rumah serta menggunakan masker.

“Kemarin sebenarnya harus keluar periksa masyarakat ada siap air di depan rumah atau tidak, tapi karena ada urusan dinas makanya tidak sempat keluar lihat, kita sudah sampaikan di para dusun dan para RT,” tegasnya.

Sementara itu AKP Nikodemus Bouk selaku Kapolsek Insana Utara juga menegaskan agar dana bantuan yang sudah diperoleh tersebut hendaknya digunakan sebaik mungkin demi kepentingan pemenuhan kebutuhan dalam rumah tangga.

Selain itu, AKP Nikodemus juga mengimbau agar seluruh masyarakat tetap terus mengikuti anjuran pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Apa yang jadi imbauan pemerintah laksanakan saja, jangan jadikan itu sebagai beban untuk diri kita, jadi selama kita semua mengikuti mudah-mudahan penyakit itu (virus corona) tidak kena kita di sini,” tandasnya.

Penulis: Eman Tabean
Editor: Ardy Abba