Pose bersama perwakilan YGNI Cabang Borong bersama BPBD Manggarai Timur usai serah terima APD (Foto: Siprianus Guntur, Staf YGNI Borong)
alterntif text

Ruteng, Vox NTT – Yayasan Gugah Nurani Indonesia (YGNI) mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam memutuskan mata rantai penyebaran pandemi Corona Viruses Disease 2019 (Covid-19).

Sejak merebaknya pandemi virus corona ini, YGNI Cabang Borong bersama dengan 15 kantor Cabang YGNI lainnya di seluruh Indonesia mulai mengedukasi sekolah dan masyarakat dampingannya.

Hal itu dengan melakukan berbagai diskusi dan sosialiasi.

Sejak Maret 2020, berbagai kegiatan yang dilakukan seperti sosialisasi tentang dampak dan cara menangani virus corona melalui pemasangan baliho tentang Covid-19 di tempat-tempat umum seperti gugus Tugas Covid Desa, sekolah dan tempat-tempat umum lainnya.

Baliho ini berisi tentang asal-muasal, cara penyebaran dan cara penanganan virus corona. Juga disebarkan flyers yang berisi tentang cara mencuci tangan yang tepat.

YGNI Distribusi APD

YGNI Borong mendistribusikan Alat Pelindung Diri (APD) berupa 90 buah face shield (pelindung wajah) dan 30 hazmat kepada masing-masing Puskesmas Borong, Puskesmas Peot dan BPBD Kabupaten Manggarai Timur, Kamis (18/06/2020).

APD tersebut diterima langsung oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Manggarai Timur Antonius Dergong.

Antonius pun menyampaikan terima kasih kepada Pihak YGNI yang telah bekerja sama dengan Pemda Matim, khususnya BPBD.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur, kami menyampaikan terima kasih atas bantuan YGNI untuk bersama-sama mengedukasi masyarakat selama ini,” ungkapnya.

Dikatakan, corona virus ini adalah penyakit baru. Sebab itu, semua pihak diharapkan untuk bekerja sama dalam penanganannya.

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak YGNI yang telah membantu membagikan APD ini,” ucap Antonius.

Pihak YGNI selama ini kata dia, selalu terlibat dalam kegiatan-kegiatan penanggulangan bencana, dan juga ada dalam tim emergency respon (tanggap darurat) Kabupaten Manggarai Timur.

Antonius juga sangat mengharapkan kerja sama ini terus dilakukan pada masa-masa yang akan datang.

Manager YGNI Cabang Borong Vinsensius Paulus Nanggor meguncapkan terima kasih kepada Pemda Manggarai Timur yang telah membuka diri untuk bangun kerja sama dengan YGNI cabang Borong.

“YGNI juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemda Kabupaten Manggarai Timur secara khusus BPBD yang selalu membuka diri untuk bekerja sama dengan lembaga lain, khususnya YGNI,” katanya.

Ia mengaku akan terus mendukung pemerintah dalam upaya-upaya kemanusiaan seperti kegiatan sponsorship bagi 947 anak dampingan YGNI di Manggarai Timur.

Selain itu juga terus mengedukasi masyarakat sesuai dengan sumber daya yang ada pada YGNI.

Lebih lanjut, Paul mengungkapkan sejumlah aktivitas yang akan dilakukan pada waktu mendatang seperti, pengadaan 2 buah hand washing station (wadah air cuci tangan). Keduanya akan ditempatkan di Desa Compang Ndejing dan SMPN 8 Borong.

Selain itu, YGNI Borong juga akan membagikan hygiene kit yang berisi masker, hand sanitizer, sabun pencuci tangan dan sabun batang kepada 947 anak sponsor dan keluarganya.

Untuk diketahui, acara serah terima APD ini dilaksanakan di Posko Covid- 19 Kabupaten Manggarai Timur di Kantor Bupati, Lehong Borong.

Hadir dalam acara ini adalah Kepala BPBD dan staf serta beberapa anggota Sat Pol PP. Pihak YGNI diwakili oleh Manager dan staf Kantor Cabang YGNI Borong.

Setelah acara dari kantor BPBD selanjutnya staf YGNI mendistrubusikan APD ke pihak Puskesmas Peot dan Puskesmas Borong.

Acara serah terima ini langsung diterima oleh kedua Kepala Puskesmas. Sama seperti kepala BPBD, kedua Kepala Puskesmas menyampaikan terima kasih atas dukungan pihak YGNI dalam bentuk alat APD ini.

Apalagi di tengah pendemi Covid-19, tenaga medis sangat membutuhkan alat-alat utuk melindungi diri dalam menjalankan tugas kemanusiaanya.

Kedua kepala Puskesmas juga mengharapkan agar ada penambahan masker untuk mereka. Terkait permintaan ini, pihak YGNI akan berusaha memenuhi permintaan tersebut.

Penulis: Pepy Kurniawan
Editor: Ardy Abba